Wisata Air Terjun Sri Gethuk di gunung kidul, Nikmati pesona keindahan yang menyerupai wisata Grand Cayon orizona di Amerika Serikat

Pesona wisata air terjun sri gethuk gunung kidul

Pesona wisata air terjun sri gethuk gunung kidul

Kesempatan kali ini jember-berbagi akan mengulas tentang tempat wisata air terjun sri gethuk di gunung kidul yang berlokasi di gunung kidul Yogyakarta, kabupaten gunung kidul ini identic dengan gugusan bukit kapur yang gersang dan tandus, namun gunung kidul ini mempunyai kurang lebih 16 pantai yang menawan dan layak untuk dikunjungi, tidak hanya itu di wilayah gunung kidul ini juga terdapat wisata goa yang unik dan panorama air terjun yang memukau, nah..di posting kali ini akan mengulas pesona keindahan yang terdapat di wisata Air Terjun Sri Gethuk ini.

Keindahan Air Terjun Sri gethuk

Keindahan Air Terjun Sri gethuk

papan selamat datang di area wsata sri gethuk

papan selamat datang di area wsata sri gethuk

Baca juga :KEINDAHAN ALAMI WISATA “AIR TERJUN COBAN SEWU LUMAJANG”

Jika anda berkunjung ke wisata air terjun ini maka anda akan dimanjakan dengan pemandangan yg menawan yaitu aliran sungai yg membelah tebing-tebing tinggi yang sanggup terdapat lihat pada gambar dibawah ini, air terjun ini tidak mengenal isu terkini, baik hujan juga kering panjang sekalipun air ini permanen mengalir tanpa henti, hal itulah yg menciptakan wisata air terjun sri gethuk ini selalu tampil dagi.

keindahan air terjun sri gethuk yang menawan

keindahan air terjun sri gethuk yang menawan
menikmati guyuran air terjun wisata sri gethuk

menikmati guyuran air terjun wisata sri gethuk

Jadi amat disayangkan jika dilewatkan terutama ketika anda berwisata ke Yogyakarta, untuk sampai ke wisata ini anda hanya perlu menaiki kendaraan dan melintasi hutan kayu putih yang dimiliki oleh pemilik perhutani. Di sela-sela perjalanan ada sebuah area pemancingan yang juga berfungsi sebagai area parker dan perjalanan ke air terjun  akan dilanjutkan dengan berjalan kaki.

Perahu rakit yang pada pakai menuju wisata air terjun

Perahu rakit yang pada pakai menuju wisata air terjun

Terdapat dua opsi jalan yang bisa di tempuh untuk mencapai air terjun sri gethuk ini yaitu, yang pertama  melintasi arus sungai oya, ops ini terbilang ekstrim dikarenakan anda harus melintasi derasnya arus sungai oya dengan perahu rakit sederhana yang terbuat dari papan dan drum bekas. Opsi yang kedua anda harus menyusuri jalan setapak opsi ini terbilang tidak begitu ekstrim namun butuh perjungan untuk sampai ke lokasi namun disamping itu di sepanjang perjalanan anda akan menyaksikan hamparan sawah yang dihiasi lambaian nyiur kelapa.

Apabila anda memilih buat opsi yg pertama alangkah baiknya jika anda melakukan bepergian pada pagi hari dikarenakan pada pagi hari, arus sungai oya masih terbilang relatif damai sehingga bepergian anda mampu dipastikan akan nyaman sambil menikmati indahnya sapaan matahari pagi.

sungai oya, perjalanan ke air terjun

sungai oya, perjalanan ke air terjun

Selain dikenal dengan pesona keindahannya wisata air terjun sri gethuk di gunung kidul ini menyimpan cerita yag melegenda berkaitan dengan lokasi dan penamaan wisata tersebut.

Konon air terjun ini adalah tempat khusus untuk menyimpan kethuk (alat music atau gamelan milik makhluk halus, yakni jin anggo meduro. Inilah asal muasal penamaan wisata ini menjadi sri gethuk yang diambil dari nama alat musk gamelan tersebut. Hingga sekarangpun masyarakat setempat kerap mendengar alunan suara gamelan dari arah lokasi air terjun sri gethuk ini.

Itulah pesona keindahan wisata air terjun sri gethuk di gunung kidul yang bisa saya bagikan kurang lebihnya mohon dimaklumi, dilain waktu jember-berbagi akan mengulas tentang wisata lainnya yang ada di Yogyakarta, sampai jumpa…

Sangat berterimakasih sekali bila pembaca yang terhormat berkenan memberikan artikel ini menggunakan cara klik share dibawah ini.

Loading…

Berlangganan Gratis via E-mail

Leave a Comment