Ritual larung saji satu suro “Pantai serang blitar”

keindahan pantai serang blitar

keindahan pantai serang blitar

Pantai serang blitar -wisata pantai ini terletak di pesisir samudra hindia tepatnya desa serang, kecamatan panggungrejo jika dari pusat kota perkiraan kurang lebih 45km ke arah barat daya.

Blitar dikenal dengan berbagai wisatanya yang memukau seperti pantai tambakrejo, water park pantai serang blitar ,sumberudel dan salah satunya akan dibahas di posting kali ini.

pesona pantai serang blitar

pesona pantai serang blitar

pantai serang blitar jawa timur

pantai serang blitar jawa timur

wisatawan pantai serang blitar

wisatawan pantai serang blitar

Wisata pantai serang blitar ini memiliki panorama yang amat memukau dengan hamparan pasir putihnya yang memikat, sehingga bisa membuat anda betah saat berkunjung ke wisata ini, di pantai serang ini anda bisa menikmati kegiatan menarik seperti berenang, memancing,berperahu, berjemur dan masih banyak yang lainnya.

Wisata ini tidah hanya memiliki keindahan yang memukau, namun pantai serang blitar ini dijadikan tempat ritual tradisional larung saji setiap tanggal satu suro yaitu tahun baru islam, biasanya ritual ini dihadiri oleh bupati dan beberapa kerabat lainnya, ritual yang diadakan ditepi laut ini juga dihadiri oleh ribuan warga yang memadati kawasan tepi laut ini guna untuk melihat kelangsungan ritual tersebut, upacara puncak ritual larung saji ini biasanya melakuka pelepasan kepala lembu yang diletakkan ditempat sesaji lalu dilarung ke tengah laut oleh para nelayan.

ritual larung saji pantai serang blitar

ritual larung saji pantai serang blitar

larung saji serang blitar

larung saji serang blitar

Pantai serang blitar ini terbagi menjadi 3kawasan dan ombak di pantai ini tidak begitu kencang, dahulu wisata ini dipenuhi oleh batu-batuan putih nan indah yang disebut batu lintang.

Kawasan pantai pertama yaitu yang dipergunakan sebagai acara ritual, lalu bila kita menelusuri jalan setapak yang melewati bukit disebelah barat maka akan sampai pada pantai yang ke dua dengan pasir putih yang tidak terlalu luas bila dibandingkan dengan pantai yang pertama.

Bila perjalanan diteruskan menyusuri jalan setapak ke arah barat, setelah mendaki bukit yang tidak begitu terjal, maka akan sampai pada pantai ke tiga dan pantai yang paling luas diantara pantai-pantai sebelumnya dengan hamparan pasir putih yang yang indah dengan jarak lebih dari 5 km yang landai dengan ombak yang tidak begitu deras.

Demikianlah ulasan Ritual larung saji satu suro “Pantai serang blitar

Sangat berterimakasih sekali jika pembaca yang terhormat berkenan membagikan artikel ini dengan cara klik tombol share dibawah ini.

Loading…

Berlangganan Gratis via E-mail

Leave a Comment