Pantai Ngobaran Gunungkidul, Keindahan Ala Pulau Dewata

Pantai Ngobaran Gunungkidul – Pesona deretan pantai di gunung kidul jogja memang tidak perlu diragukan lagi, keindahan pasir putih yang berpadu dengan hiujaunya alam dan birunya laut menjadikan pantai di gunung kidul ini tampil menawan dan banyak di incar oleh para wisatawan local maupun mancanegara sebagai tempat berlibur yang menyenangkan, dan dikesempatan kali ini matajatim akan membagikan sebuah destinasi wisata pantai yang unik di bandingkan pantai lainnya di gunung kidul, pantai unik ini di kenal dengan nama Pantai Ngobaran, meski kepopulerannya tidak setenar panrtai indrayanti dan pantai baron pantai ini memiliki daya tarik dan nuansa unik ala pulau bali dan tidak sedikit yang mengatakan pantai ngobaran merupakan “Balinya Jawa/Bali Of Java” kenapa demikian? Karena di area pantai ngobaran ini terdapat bangunban pura-pura dan patung khas hindu yang berada di area pantai, dan hal tersebut memberikan nuansa ala pantai-pantai di bali.

Pantai Ngobaran Gunungkidul

Pantai Ngobaran Gunungkidul (tripadvisor)

Lokasi/Alamat Pantai Ngobaran

Wisata pantai ngobaran ini berlokasi pada Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia.

Akses/Rute Menuju Pantai Ngobaran

Untuk akses menuju lokasi terbilang baik dan mudah jika dari pusat kota akan memakan waktu tempuh sekitar 1,5jam yang bisa melalui jalur dari pusat kota ambil arah menuju lapangan udara gading, sampai di pertigaan gading belok kanan menuju ke Playen > Paliyan >Trowono > Saptosari >hingga sampai ke Pantai Ngobaran.

Sejarah Pantai Ngobaran

Pura pada pantai ngobaran

Pura pada pantai ngobaran

Adanya sebuah pura dan patung hindu menyatakan bahwa pantai ngobaran ini memiliki sejarah dalam zaman kerajaan majapahit , & nama dari pantai ngobaran ini pun mempunyai arti yang berasal berdasarkan kata Kobaran yang berarti Terbakar dan hal tersebut dikaitkan dengan sebuah cerita masyarakat yang syahdan Prabu Brawijaya V membakar dirinya dalam menghindari Raden Patah yg adalah anaknya sendiri yg menginginkan prabu Brawijaya masuk agama islam. Hingga kini pantai ngobaran ini masih seringkali dipakai sebagai upacara kepercayaan tertentu pada hari-hari eksklusif juga.

Wisata Menarik Lainnya di Gunungkidul jogja: 10 Pantai di Jogja ini Akan Membuat Liburanmu Menyenangkan

Aktivitas Menarik Pantai Ngobaran

Manjakan kaki diatas hamparan pasir putih pantai ngobaran sembari menikmati keindahan panorama laut yang berpadu dengan karang dan hijaunya pemandangan alam sekitar memang sangat menyenangkan , adanya sebuah pura dan patung membuat nuansa pantai ini serasa di pulau bali dan tentunya banyak spot bagus yang biasa digunakan untuk berfoto-foto, dan yang  tidak boleh terlewatkan yaitu mampir di kuliner landak goring yang merupakan menu khas dari pantai ngobaran tersebut.

Keindahan Pantai ngobaran

Keindahan Pantai ngobaran

Tiket Masuk ke Pantai Ngobaran

Untuk tiket masuk pengunjung dikenakan porto Rp.5000 & itu telah termasuk tiket masuk ke pantai Ngenehan lantaran memang lokasinya berdekatan dan menjadi satu paket.

Fasilitas Pantai Ngobaran

Untuk fasilitas di pan tai ngobaran ini masih belum begitu lengkap, untuk penginapan masih belum tersedia, buat loka parkir, beribadah, kamar mandi, wc dan beberapa gazebo mampu pada temukan menggunakan gampang pada area pantai tersebut.

Demikianlah informasi tentang wisata pantai ngobaran gunungkidul Yogyakarta, semoga bermanfaat sebagai referensi berlibuur anda ..

Sangat berterimakasih sekali bila sobat berkenan memberikan artikel ini dengan cara klik share dibawah ini..

Loading…

Berlangganan Gratis via E-mail

Leave a Comment