Museum Tsunami Aceh : Museum Untuk Memperingati Tsunami Aceh 2004

Museum Tsunami Aceh – Museum Tsunami Aceh terletak pada Banda Aceh dan merupakan museum yang dibangun secara simbolis untuk bencana gempa dan tsunami yang terjadi pada Samudra Hindia 2004 dan menimpa Aceh sebagai wilayah dengan korban terbanyak. Museum ini didirikan buat sebagai tempat pusat pendidikan juga tempat proteksi darurat jika tsunami terjadi lagi.Museum ini juga didirikan dengan bernuansa Islami, sesuai dengan rakyat Aceh yang kebanyakan menganut agama Islam.

Museum tsunami aceh

Museum tsunami aceh

Museum ini dibuka setiap hari Selasa sampai Minggu dengan jam operasionalnya di jam 9-12 yang dan dilanjutkan pada jam 14-16:30 selain hari Jumat, juga jam 9-11:30 yang dilanjut jam 14:30-16:30 di hari Jumat. Sebelum Anda masuk ke sini, akan ada bekas helikopter Polisi yang merupakan salah satu korban dari bencana yang lalu.

Anda dapat membawa famili & anak buat mengunjungi loka ini, karena tujuan berdasarkan museum ini cukup edukatif sebagai langkah preventif bila musibah yang seperti nantinya terjadi lagi di suatu saat. Juga digambarkan rancangan tempat tinggal dan bangunan yg mampu bertahan menurut serangan tsunami.

di dalam Museum tsunami aceh

di dalam Museum tsunami aceh

Lihat Juga : Danau Kamaka di Papua Barat Kenapa Sering disebut Danau Perawan ?

Bila Anda berkunjung, pada dalamnya Anda akan masuk ke lorong sempit & gelap yg terletak pada antara 2 dinding air yg tinggi. Desain ini ditujukan buat membangun suasana dan kepanikan saat terjadi tsunami yang kemudian. Dinding museum ini dihiasi menggunakan gambar orang-orang yang menari Saman, disebut sebagai makna simbolis terhadap kedisiplinan, agama religius, dan kekuatan suku Aceh. Sedangkan bentuk atasmya, atap membangun bahari.Selain foto-foto, Anda sanggup menyaksikan benda-benda yang adalah bekas kejadian Tsunami, mulai berdasarkan alat-alat rumah tangga sampai kendaraan yang terbengkalai. Di samping itu, ditunjukkan pula video dari para warga yg selamat berdasarkan peristiwa ini sebagai bentuk kenangan atas musibah yg menimpa tadi. Berbagai diorama jua dipertunjukkan buat menggambarkan bagaimana musibah tadi melanda warga Aceh & mempengaruhi kehidupan mereka sampai waktu ini.

Nama-nama korban tsunami aceh

Nama-nama korban tsunami aceh

nama korban tsunami aceh di dalam museum

nama korban tsunami aceh di dalam museum

Baca Juga : Desa Prailiu – Kampung Eksotis Nusa Tenggara Timur Yang Tak Tergerus Waktu

Bangunan ini pula dibangun buat memperingati para korban dengan mencantumkan nama mereka pada galat satu dinding pada museum.

Itulah ulasan tempat wisataMuseum tsunami aceh . Semoga ulasan diatas dari jejaksandal dapat bermanfaat dan menambah destinasi tempat wisata saat kalian mengunjungi kota Aceh. Sekian dari jejaksandal dan enjoy with your travelling in Banda Aceh.

Loading…

Berlangganan Gratis via E-mail

Leave a Comment