Mitos dan keindahan dalam Pemandian Narmada Lombok

Wisata taman narmada di pulau Lombok ini merupakan salah satu wisata yang faforit dan digemari para wisatawan , jika sobat berlibur ke pulau Lombok dan ingin merasakan keindahan taman dan pemandian yang menarik maka datanglah ke taman narmada ini, diwisata ini sobat bisa menyaksikan keindahan taman yang menawan dan juga suasana yang sejuk yang bisa membut anda fres kembali, tidak hanya itu wisata ini juga memiliki kolam renang yang dikelilingi dengan taman hijau yang bisa sobat nikmati sembari mencicipi hidangan masakan yang tersedia di area wisata tersebut.

Selain taman narmada , Lombok juga memiliki beberapa tempat wisata yang menarik yang patut untuk dikunjungi seperti pantai senggigi , pulau gili trawangan , gunung rinjani dan masih banyak lainnya yang akan di ulas di pada kesempatan berikutnya.

Estetika dan sejuknya suasana taman narmada lombok
Estetika dan sejuknya suasana taman narmada lombok

Sejarah taman narmada Lombok

Taman Narmada dilombok ini adalah salah satu taman terbesar yang ada di Nusa Tenggara Barat yang terletak sekitar 11 kilo meter sebelah timur kota Mataram. Konon Taman Narmada ini di bangun oleh Raja Anak Agung Ngurah Karangasem pada tahun 1727 masehi. Nama taman ini diambil dari sebuah sungai suci di india, yaitu sungai Narmada. wisata Taman ini juga menyerupai Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak. Menurut cerita, ketika Sang Raja sudah terlalu tua untuk melakukan ritual kurban ( pekelem ) ke puncak Gunung Rinjani yang memiliki ketinggian 3.726 meter, raja tersebut  memerintahkan seluruh arsitek kerajaan untuk membawa nuansa Gunung Rinjani ke tengah pusat kota dan menjadikan taman Narmada sebagai miniatur Gunung Rinjani. Perayaan ini dilakukan pada bulan purnama kelima atau sering disebut juga sebagai tahun caka.

Kolam air tawar dianggap menciptakan awet muda
Kolam air tawar dianggap menciptakan awet muda

Konsep taman ini berciri khaskan perbedaan makna alam yg eksotik, ditata menyerupai bentuk gunung. Di bagian bawah masih ada tiga kolam yang diairi oleh sumber mata air jernih bagaikan sebuah danau. Jumlahnya yg 3, sama menggunakan jumlah Danau Segara Anak pada zenit Gunung Rinjani. Di pada taman ini masih ada sebuah pura bernama Pura Kalasa yang berada pada bagian atas. Untuk sampai ke pura ini, anda harus melewati puluhan anak tangga yang sengaja dibuat agar tampak seolah ? Olah menaiki Gunung Rinjani. Cukup melelahkan buat sampai ke zenit atas Pura Kalasa. Namun rasa lelah tersebut akan terhapus menggunakan adanya suasana alam yg masih segar, pepohonan yang rindang & kolam renang alami menggunakan air yg jernih. (kutipan menurut wisatalombokmurah.Com)

Mitos dibalik pemandian air tawar taman narmada Lombok

Selain menyuguhkan estetika taman wisata ini jua mempunyai mitos yang beredar di kalangan wisatawan & rakyat sekitar yaitu, air tawar pada pemandian tadi dipercaya bikin awet muda, nir heran bila para wisatawan banyak yang mandi dan membasuh muka menggunakan tujuan hal-hal mistis tersebut.

Estetika taman narmada pada lombok
Estetika taman narmada pada lombok

Alamat: Lokasi menuju taman narmada

Taman narmada ini berlokasi di desa lembuak, kecamatan narmada, kabupaten Lombok barat, provinsi nusa tenggara barat. Taman yang memiliki luas kurang lebihnya 2ha ini dibangun dalam tahun 1727 sang raja mataram.

Hotel dan Penginapan pada Taman Narmada

di area terdekat wisata narmada ini tersedia beberapa hotel yang bisa anda pilih, mulai dari yang biasa hingga yang berbintang , berikut matajatim rekomendasikan buat anda

Fasilitas dan tiket masuk pada taman narmada Lombok

Di wisata taman narmada ini sobat bisa menikmati fasilitas misalnya taman, kolam dan sumnber mata air yang asli menurut gunung rinjani yang dipercaya berkhasiat menciptakan awet belia, porto masuk untuk menikmati keindahan taman narmada ini terbilang relative murah yaitu sebanyak Rp.10.000,/orang

Demikianlah ulasan tentang Mitos dan keindahan dalam Pemandian Narmada di Lombok, smoga bermanfaat sebagai referensi berwisata anda, sampai jumpa.

Leave a Comment