Misteri Penunggu Lawang Sewu Semarang

Lawang sewu yag berada di kota semarang dulunya adalah kantor perkereta-apian yang dikelola pemerintah colonial belanda pada zaman penjajahan jepang, lawang  sewu semarang ini terkenal dengan kisah misterinya yaitu penampakan arwah noni yang disebut-sebut sebagai penunggu bangunan tua ini.

gedung tua lawang sewu semarang

gedung tua lawang sewu semarang
gedung mistis lawang sewu lumajang

gedung mistis lawang sewu  semarang

pintu masuk karcis

konon ceritanya terjadi pemerkosaan tentara jepang terhadap noni-noni belanda yang kurang lebihnya 20 noni sebagian perawan dan sebagian lainnya sudah menikah, setelah melakukan aksi bejatnya para tentara jepang memenggal kepala noni tersebut , dari situlah munculnya kisah mistis arwah noni disekitar lawang sewu semarang.

Kesaksian Munculnya Noni Penunggu Lawang Sewu Semarang

Salah satu yang melihat kesaksian munculnya penampakan noni dilawang sewu semarang ini ialah Toha (46) warga kampung pramben, kota Semarag. Dikala itu toha yang sering memancing di sungai sekitar lawing sewu ini sering melihat sosok noni dengan ciri rambut panjang terurai, memakai long dress yang mondar mandir di sekitar lawing sewu semarang ini. “Penampakan noni belanda ini tidak mengganggu hanya menampakkan diri “ ungkap toha , dia mondar-mandir memperlihatkan parasnya yang cantik namun penuh darah dimukanya yang menebar senyum , menakutkan memang tapi mau gimana lagi, tutur toha.

Mitos Pintu Mistis Lawang Sewu

mitos pintu lawang sewu semarang

mitos pintu lawang sewu semarang

Bangunan yang dikenal dengan lawang sewu atau pintu seribu ini , memiliki pintu dan jendela yang tersebar dimana-mana, lawing sewu ini diyakini memiliki 1000 pintu, namun anehnya dari berbagai pengalaman para wisatawan yang berkunjung ke lawang sewu semarang ini saat menghitung jumlah pintu tersebut tidak pernah menemukan jumlah sampai seribu pintu atau lawang , hingga kini seribu lawang ini diyakini sebagai mitos pintu mistis yaitu jalan masuk arwah para penunggu lawang sewu tersebut.

Di gedung lawang sewu ini juga terdapat tempat lain yang tidak kalah angkernya yaitu Bungker atau ruang bawah tanah. Bungker ini digunakan  sebagai tempat penyimpanan air bersih pada zaman belanda, tak heran jika sampai saat ini bangunan tersebut terus tergenang air dan harus dipompa keluar agar tidak membanjiri objek wisata utama di lawang sewu semarang tersebut, diruang bawah tanah tersebut kerap terlihat penampakan.

Ruang bawah taah ini jua pernah sebagai tempat penyiksaan dan pembantaian tentara belanda, termasuk menyiksa noni-noni belanda oleh tentara jepag. Penjara bawah tanah ini dulunya dikenal dengan menjadi penjara jongkok ( 5 sampai sepuluh orang dimasukkan kedalam kotak yg yg ukuran 1,5*1,5 meter dengan tinggi 60cm, mereka jongkok berdesakan lalu kotak tadi diisi air seleher & ditutup terali besi hingga mereka mangkat , ruangan ini mempunyai 16 kolam disetiap ruangan , delapan ruang bagian kanan dan lainnya di bagian kiri. ( sumber: merdeka.Com)

Demikianlah sedikit ulasan tentang Misteri Penunggu Lawang Sewu Semarang

Sangat berterimakasih sekali jika pembaca yg terhormat berkenan membagikan artikel ini dengan cara klik tombol share dibawah ini.

Loading…

Berlangganan Gratis via E-mail

Leave a Comment