Masjid Raya Baiturrahman Aceh, Wisata Religi Bersejarah

Masjid baiturrahman yang berada di banda aceh ini merupakan masjid yang memiliki sejarah dan kisah tersendiri, masjid yang dibangun pada masa pemerintahan iskandar muda ini pernah terbakar akibat peristiwa agresi tentara belanda pada april 1873 masehi, peristiwa tersebut menewaskan mayjen kohler yang diabadikan dengan sebuah monument kecil yang diletakkan dekan d engan area pintu masjid sebelah utara.

Masjid baiturrahman aceh
Masjid baiturrahman aceh

Kemewahan dan arsitektur Masjid baiturrahman aceh

Masjid baiturrahman ini merupakan masjid yang bersejarah dan memiliki nilai  seni yang tinggi, arsitekturnya juga terbilang indah sehingga oleh masyarakat dijadikan sebagai wisata religi yang di gemari oleh masyarakat,terutama mayrakat sekitar.selain memiliki tampilan yang menawan dengan ukir-ukiran yang khas dan menarik masjid raya baiturrahman uga menjadi salah satu tempat pembelajaran kepercayaan islam yang banyak dikunjungi oleh orang-orang yang ingin mendalami belajar agama islam.

Jika sobat berkunjung ke banda aceh maka sempatkanlah berkunjung ke masjid baiturrahman ini buat menunaikan ibadah ataupun sekedah menyaksikan estetika arsitektur bercorak elektrik yang adalah adonan berdasarkan aneka macam model dan unsur terbaik berdasarkan aneka macam negri.

Masjid baiturrahman, saksi kedahsyatan Tsunami aceh

Masih ingatkah sobat dengan kejadian yang menimpa masyarakat aceh pada  minggu pagi, 26 desember 2004, negri ini di lada gempa dahsyat berkekuatan 9,1-9,3 skala richter yang terjadi di samudera hindia sebelah barat pantai Sumatra Di sebelah barat laut pulau Simeuleu dengan kedalaman 30 km di bawah permukaan laut terjadi tabrakan dua lempeng bumi.

Yang dimana Lempeng Hindia mengalami subduksi (tusukan ke dalam) oleh Lempeng Burma membuat lempengan Hindia terdesak ke atas setinggi 100 kaki atau 30 meter. Akibat  Lempengan yang terdesak itu  membentang sepanjang lebih dari 600 mil atau lebih dari 965,6 kilometer yang menyebabkan permukaan laut naik setinggi 5 meter yang mengayunkan energy raksasa dalam gelombang air yang memakan korban kurang lebih 500.000 nyawa ini melayang dalam sekejap, ribuan mayat hilang dan ribuan bangunan hancur namun namun ada satu hal yang terekam dibenak public ketika mengenang terjadinya tsunami yaitu tetap kokohnya beberapa masjid yang salahsatunya ialah masjid baiturrahman, masjid ini tetap berdiri kokoh meski diterjang ombak besar dan diguncang oleh gempa yang dahsyat. Hal tersebut merupakan sebuah keajaiban atas kuasa tuhan yang sungguh menakjubkan, dimana kejaiban tersebut diluar kemampuan akal dan pikiran manusia , dimana terjangan air yang begitu dahsyat yang mampu menyeret sebuah kapal milik PLN 9PLTD) Apung 1 yang memiliki berat 2600ton ini tidak mampu merobohkan masjid, berikut gambar bebrapa masjid yang masih berdiri kokoh

masjid baiturrahman pasca tsunami aceh
masjid baiturrahman pasca tsunami aceh
Masjid Rahmatullah
Masjid Rahmatullah
Masjid Al-iklas
Masjid Al-iklas

masjid baiturrahim aceh

Semua keajaiban yang terjadi dalam tragedy tsunami diatas adalah kekuasaan oleh pencipta, Atas kehendaknya poly orang yang selamat menurut bencana tadi. Dan berdasarkan mereka yang selamat, Sebagian besar merupakan mereka yg berlindung dalam Masjid. Mari kita doakan semoga bencana serupa nir akan pernah terjadi lagi dimanan pun. Amin

demikianlah ulasan tentang kemegahan dan keistimewaan masjid raya baiturrahman banda aceh

Sangat berterimakasih sekali apabila pembaca yang terhormat berkenan membagikan artikel ini dengan cara klik tombol share dibawah ini.

Leave a Comment