Gunung Rinjani, Pesona alam yang eksotis dan mengagumkan

Lombok memmiliki berbagai tempat wisata yang memamang dikenal dengan keindahan dan pesonanya diantaranya yaitu wisata gunung rinjani, wisata gunung ini merupakan wisata yang dikenal dengan gunung yang menawan dan menantang dari ketinggian, tidak mudah menaklukkan gunung rinjani karena anda harus melakukan pendakiankurang lebih 4kilo meter dan anda harus melewati halangan dan rintangan selama pendakian.

Keindahan zenit gunung rinjani lombok

Keindahan zenit gunung rinjani lombok

Jika anda ingin melakukan perjalanan ke wisata gunung rinjani , jangan lah sekedar coba-coba anda harus memiliki keyakinan dan nyali yang cukup, kesehatan yang memadai, serta sedikit pengetahuan tentang pendakian gunung.

Wisata gunung rinjai Lombok ini terletak dibagian utara pulau Lombok, yang merupakan salahsatu gunung tertinggi di provinsi nusa tenggara barat dengan ketinggian mencapai 3.726 meter diatas permukaan laut. Wsata gunung rinjani ini dinobatkan sebagai gunung tertinggi ke tiga di Indonesia. Konon menurut kisah local yang berkembang, gunung rinjani merupakan istana yang menjati tempat bersemayam ratu  jin yang bernama dewi anjani yang tidak lain adalah puteri seorang raja bernama datu tuan  dan permaisurinya yang bernama dewi mas yang konon ialah penguasa di kerajaan kecil dipulau Lombok.

pesona indah danau segare di gunung rinjani

pesona indah danau segare di gunung rinjani

wisata gunung rinjani tadi sebagai wisata kebanggaan warga nusa tenggara barat yg menyimpan pesona alam yg mengagumkan, banyak hal menarik yang sanggup anda temui pada gunung rinjani , misalnya kaldera, danau, mata air panas, air terjun, goa, panorama kawah, lubang letusan, zenit sampai genre lava baru.

Air Terjun Sendang Gile pada kaki Gunung Rinjani

Beberapa titik di kawasan gunung rinjani sebagai spot wisata faforit yaitu tetebatu, senaru, dan sembalun yang mempunyai estetika pegunungan yang eksitis, tidak hanya itu gunung rinjani ini mempunyai sebuah danau yg terbentuk secara alami akibat letusan menurut gunung rinjani tersebut, danau tadi dikenal menggunakan nama segare yg merupakan laut atau samudera mini berdasarkan gunung rinjani.

Desa Sembalun Lawang ketinggian 1200 meter

Danau yang memiliki keindahan yang waw ini oleh masyrakat local sering disebut sebagai laut dikarenakan danau tersebut memiliki air yang berwarna biru dan jernih layaknya air laut asli, danau segare ini memiliki ketinggian kurang lebihnya 2.800 meter dan memiliki berbagai jeniS ikan, seperti ikan mujahir,herper  dan ikan mas, uniknya danau segare ini dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit bahkan ini dulunya dijadikan lokasi pemujaan atau ritual untuk mendapatkan ilmu atau benda-benda sakti.

Spesies simpanse di Gunung Rinjani

Spesies simpanse di Gunung Rinjani

Wisata gunung rinjani Lombok ini tidak hanya menyuguhkan pesona dan panoramanya yg mempesona tetapi gunung rinjani ini menghadirkan keindahan global flora & fauna. Di bagian selatan & barat gunung pada ketinggian 1000 meter sampai 2.000 meter anda akan menjumpai sejumlah tanaman yg jarang di temui di dataran rendah antara lain yaitu Dysoxylum sp, Ficus Superba, serta Pterospermum.

Jika Anda pergi lebih ke atas lagi hingga di ketinggian 2.000 – 3.000 meter, Anda akan menjumpai tumbuhan Cemara Gunung (Casuarina Junghuhniana). Di atas ketinggian lebih dari 3.000 meter, tidak banyak tumbuhan yang hidup selain hamparan rumput dan bunga Edelweiss (Anaphalis Javanica). Jika Anda mengalihkan pandangan ke arah timur, Anda akan menyaksikan pepohonan Akasia yang tumbuh di sana.

Berkemah di Segara Anak Gunung Rinjani Lombok

Berkemah di Segara Anak Gunung Rinjani Lombok

Baca Juga : Gili Meno Lombok, Pulau Kecil Dengan Sejuta Keindahan

Gunung rinjani ini sering dijadikan ajang trekking oleh para pendaki yg menyukai tantangan & petualangan, mengingat gunung ini mempunyai ssi unik & pesona alam yg mengagumkan.

Demikialah ulasan tentang wisata gunung rinjani di lombok yang mengagumkan, dilain waktu akan saya bahas juga keindahan wisata lainnya di lombok yang patut untuk dikunjungi, sampai jumpa dan selamat beraktifitas.

Sangat berterima kasih sekali bila pembaca yang terhormat berkenan menunjukkan artikel ini menggunakan cara klik tombol share pada bawah ini.

Loading…

Berlangganan Gratis via E-mail

Leave a Comment