Goa Gong Pacitan, Keindahan goa yang memukau

Pesona goa gong pacitan

Pesona goa gong pacitan

Wisata goa gong pacitan ini adalah salah satu goa di jawa timur yang memiliki keindahan yang begitu memukau, tidak salah jika goa gong pacitan ini menjadi goa ter-indah se asia tenggara. Goa gong ini memiliki panorama yang indah dan stalaktit dan stalagmite yang mampu membuat anda terkagum-kagum akan keindahannya selama menyusuri goa tersebut kurang lebihnya 2jam.

Wsata pantai goa gong ini terletak di kota pacitan tepatnya di dusun pule, desa bomo, kecamatan punung, butuh jarak tempuh 37km kearah barat dari pusat kota untuk mrncapai  wisata goa gong tersebut.

Estetika goa gong yg menawan

Estetika goa gong yg menawan

goa gong pacitan

goa gong pacitan

goa ter indah pada jawa timur

goa ter indah pada jawa timur

wisata goa gong ini dilingkupi oleh pegunungan , disebelah selatan artinya gunung gunung karang pulut, sebelah timur yaitu gunung gede, sebelah barat gunung grugah, sebelah utaranya ialah gunung manyar,dank e empat gunung yang mengelilingi wisata ini tergolong gunung yang non-aktif.

Wisata goa gong pacitan ini mempunyai kedalaman goa sepanjang 256meter dan mempunyai stalakmit dan stalaktit yg berumur ratusan tahun, eksistensi goa gong ini dampak menurut kegiatan vulkanik dan gerakan termik yang diperkirakan berlangsung ratusan hingga ribuan tahun silam.

Menurut Warga sekitar nama goa gong sendiri tercipta karena masyarakat kerap mendengar adanya suara gema atau tabuhan seperti gong yang berasal dari dalam goa tersebut, Gong sendiri adalag salah satu alat music tabuh dalam kesenian gamelan jawa, suara gong sendiri adalah hasil pantulan  dari tetesan air alam goa yang menimpa batuan stalaktit atau stalagmite goa tersebut, bunyi yang terdengar dari goa pun terbilang cukup indah, bahkan jika anda berada dekat di pintu masuk goa gong tersebut.

Jika anda berkunjung ke goa gong pacitan yang memiliki pesona keindahan yang alami ini anda akan diajak menyusuri tangga dan menyaksikan pemandangan yang indah seperti gong cave,  shawel drapery(stalaktit yang mneteskan air),rekahan endapan kalsium,tetesan air dari ujung-ujung goa yang membentuk laksana danau kecil,dan masih banyak yang lainnya.

Stalaktit dan stalakmit goa gong pacitan

Stalaktit dan stalakmit goa gong pacitan

keberadaan stalakmit & stalaktit di goa gong pacitan ini akan mengalami pertumbuhan memanjag melalui proses alami yang diakibatkan sang reaksi oksidasi atau reaksi kimia antara udara menggunakan air, bentuk pertumbuhan stalakmit & stalaktit di goa ini mencapai hingga 0.1 sampai 0.13 mm per tahun

Diwisata ini anda akan melihat keindahan pilar-pilar stalakmit yg tumbuh menjulag tinggi dan saling bertumpuk satu sama lainnya, tidak hanya itu di goa gong ini anda akan di suguhkan dengan estetika panorama goresan batuan yang hidup bersama menggunakan tetesan air yang tak pernah kemarau. Anda nir perlu risi akan gelap waktu menyusuri goa ini karna pada bagian-bagian goa ini sudah dilengkapi dengan lampu rona-warniyang turut menambah pesona estetika pada goa gong ini.

Goa gong dihiasi dengan lampu rona-warni

Goa gong dihiasi dengan lampu rona-warni

Ketika anda menyusuri goa ini diharapkan lebih berhati-hati dikarenakan genangan air yang menetes dari stalakmit menjadikan lantai goa ini cukup licin, setelah anda menyusuri goa gong ini dan anda keluar dari goa tersebut anda akan melihat banyaknya pedagang yang melakukan aktivitasnya dengan menjual makanan mulai dari aneka makanan,minuman hingga sofenir foto goa atau lukisan yang bisa anda bawa pulang, umumnya untuk sofenir berkisar antara 50-150rb per item.

pedagang di area goa gong pacitan

pedagang di area goa gong pacitan

apabila anda ingin menginap pada area dekat wisata ini pula tersedia hotel yg bisa anda gunakan.

Demikianlah ulasan tentang wisata goa gong pacitan , sampai jumpa..

Sangat berterimakasih sekali jika pembaca yang terhormat berkenan memberikan artikel ini menggunakan cara klik tombol share dibawah ini.

Loading…

Berlangganan Gratis via E-mail

Leave a Comment