Explore keindahan dan Legenda Pantai Batu Hiu Pangandaran Disini

Pantai Batu Hiu merupakan salah satu pantai  berlokasi di pangandaran yang memiliki ombak yang cukup besar yang mampu melukis batu-batu karang yang berada di pinggiran pantai sehingga membentuk sebuah sirip ikan hiu, hal tersebutlah yang menjadikan alasan pantai ini bernama Batu Hiu.

Pesona pantai batu hiu pangandaran

Pesona pantai batu hiu pangandaran

Panorama Laut Batu Hiu pangandaran

Panorama Laut Batu Hiu pangandaran

wisatawan pantai batu hiu

wisatawan pantai batu hiu

Pantai batu hiu di pangandaran ini merupakan salah satu destinasi menarik yang patut untuk dikunjungi, di patai ini sobat bisa menyaksikan indahnya panorama laut dengan ombak ganas yang disukai para pecinta fotografi , dan tentunya sobat juga bisa mengabadikan momen-momen unik tersebut.

Pantai batu hiu pangandaran ini juga memiliki ciri khas yang mungkin tidak ada di pantai-pantai lainnya, yaitu pintu masuk utama pantai ini merupaka sebuah goa yang berbentuk kepala hiu besar, ketika sobat memasuki goa seolah-olah anda berada di rahang hiu besar dengan banyak gigi yang tajam yang memberikan sensasi yang mengesankan, pintu masuk ini digemari para wisatawan untuk berfoto-foto narsis berlatar kepala hiu. Menyaksikan pemandangan laut dari atas bukit menjadi hal yang disukai para wisatawan , sobat bisa menyaksikan dan mendengarkan gemuruh gulungan ombak  besar yang menghantam batu karang yang disapa oleh terpaan angin  yang mampu membuat sobat terasa rilex dan betah berada diwisata ini.

Pintu Masuk Pantai Batu Hiu Pangandaran

Pintu Masuk Pantai Batu Hiu Pangandaran

Alamat / Lokasi Pantai Batu Hiu

Pantai batu hiu ini berlokasi di desa ciliang, kecamatan Parigi,  Kabupaten jawa barat, kurang lebihnya 15km kea rah barat (arah cijulang)  , jika dari pusat kota pangadaran.

Konservasi Penyu di Pantai batu hiu

Penangkaran Hiu Laut Di Pangandaran

Penangkaran Hiu Laut Di Pangandaran

Selain menyuguhkan panorama pantai yang indah diwisata ini sobat bisa berkunjung dan menyaksikan perlindungan penyu bahari yang berlokasi tidak jauh dari pantai ini , hanya butuh 10menit dengan berjalan kaki sobat sudah bisa sampai di lokasi kelompok Pelestari Biota Laut (KBPL) Batu Hiu, di tempat ini tidsak dipungut biaya, sobat bisa melihat penyu-penyu tersebut dari dekat, namun jika sobat berdonasi untuk aktivitas tersebut , di tempat ini terdapat kotak kayu yang memang ditujukan untuk para donatur.

Sejarah yang Melegenda Pantai Batu Hiu Pangandaran

Selain Kindahan dan keunikan pantai batu hiu ini memiliki Legenda yang mewarnai wisata ini, dan juga banyak mitos dan cerita rakyat yang dihubungka dengan pantai ini.

Menurut cerita masyarakat yang beredar pada masyarakat & kalangan wisatawan, bahwa pada abad ke-11 terdapat sejumlah pasukan kerajaan mataram yang dipimpin oleh Aki Gede dan Nini Gede, saat melewati tempat ini mereka tetapkan untuk beristirahat sementara pada bukit yg berada pada tempat pantai ini, kemudaian aki & nini memerintahkan pasukan buat mencari makanan, & keliru satu dari pasukan tersebut yag bernama Ki Braja Lintang tetapkan buat mencari ikan pada pantai tersebut, & alhasil Ki Braja menerima se ekor Hiu, tetapi oleh komandan aki & nini gede menyuruh kepadanya buat melepaskan ikan tersebut, waktu dilepaskan hiu tersebut berubah sebagai sebuah batu hitam akbar yg berbentuk hiu yang terlihat sampai waktu ini.

Tiket Masuk Pantai Batu Hiu Pangandaran

  • Pejalan Kaki 1(satu) Orang Rp. 3.300,-
  • Sepeda Motor Rp. 7.500,-
  • Kendaraan Jenis Jeep/Sedan Rp. 19.500,-
  • Kendaraan Jenis Carry Rp. 36.000,-
  • Kendaraan Penumpang Besar Rp. 51.500,-
  • BUS Kecil/ELP Rp. 80.000,-
  • BUS Sedang Rp. 104.000,-
  • BUS Besar Rp.172.000,-

Demikianlah ulasan singkat tentang keindahan dan Legenda Pantai Batu Hiu Pangandaran , smoga bisa menjadi referensi berlibur anda.

Sangat berterimakasih sekali apabila pembaca yg terhormat berkenan membagikan artikel ini menggunakan cara klik tombol share dibawah ini.

Loading…

Berlangganan Gratis via E-mail

Leave a Comment