7 Tarian Tradisional Dari Jawa Barat Yang Fenomenal

7 Tarian Tradisional Dari Jawa Barat – jika di posting yang lalu matajatim membagikan tentang 10 tarian tradisional pulau bali yang dikenal hingga ke penjuru dunia maka dikesempatan kali ini akan membahas tentang tarian tradisional khas jawa barat yang  juga cukup terkenal dan sebagai masyarakat Indonesia kita patutlah menjaga kelestariannya , berikut 7 tarian tradisional dari jawa barat yang populer.

1. Tari Topeng Cirebon

Sesuai dengan namanya tari ini berasal dari Cirebon jawa barat, yang mana tarian ini diambil dari kisah Sunan Gunung Jati yang diperankan oleh 5+penari  dengan cirri khas memakai topeng, setiap penari  memakai topeng yang berbeda warna dan bentuknya, karena topeng tersebut juga mewakili karateristik dari tema tersebut.

2. Tari Wayang

Kesenian wayang golek memang sangatlah dikenal di tanah jawa , yang mana seni tersebut masih tak jarang dipentaskan pada beberapa program televisi, namun tahukah anda jawa barat juga punya tari wayang yang mana tarian tadi diambil menurut keliru satu karakter wayang golek yang gerak tarinya mengikuti alur cerita pada temanya, kostumnyapun diadaptasi dengan karakter wayangnya sendiri yang diiringi dengan music gamelan asal jawa barat.

3. Tari Merak

Tarian menurut jawa barat berikutnya ialah tari merak, seni tari tradisional ini berasal menurut tanah pasundan yang di ciptakan oleh Raden Tjetje Somantri, sesuai menggunakan namanya kostum penari ini membangun bak burung merak yg melenggak lenggok & mengibaskan sayapnya. Poin primer dari tarian ini artinya estetika dan kecantikannya yang bisa menciptakan penontonnya terkagum.-kagum.

4. Tari Jaipong

Tarian yang sangat fenomenal  di jawa barat yang diciptakan oleh Gugum Gumbira ini masih sangat terjaga akan kelestariannya, bahkan di jawa barat terdapat  sebuah komunitas penari jaipong yang banyak diminati para pecinta seni dan budaya.

5. Tari Ketuk Tilu

Tari ketuk tilu ini dari dari sunda, jawa barat. Menurut cerita masyarakat dahulu tari ini diggunakan buat penyambutan datangnya masa panen yg bertujuan buat menyampaikan rasa syukur terhadap Dewi Sri, tetapi dengan seiringnya perkembangan zaman tarian ini sekarang bersifat hiburan saja. Kostum spesial tari ketuk tilu ini relatif unik , pria menggunakan baju kampret spesial jawa barat dan perempuan menggunakan kebaya, selendang & gelum yg sebagai cirri khas masyarakat jawa dimasa kemudian

6. Tari Buyung

Tarian yang relatif unik menurut jawa barat yang diciptakan sang Emalia Djatikusumah ini merupakan tarian yg dipentaskan saat upacara seren tahun, tarian ini nmemiliki kelebiah tersediri & butuh kelihayan lantaran para penari akan menopang tanah liat yang menciptakan kendi dan buyung diatas kepalanya, syahdan tarian ini mempunyai makna tersendiri yg berbunyi ?Dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung?

7. Tari ronggeng Bugis

Tarian ini pula cukup unik dimana penarinya lakik-laki yg berpakaian perempuan , umumnya tarian ini dibawakan oleh 20 orang lebih yg bertemakan komedi buat menghibur para penontonnya, make up yang tebak terlihat seperti topeng adalah karakteristik spesial dari tarian ini.

Itulah 7 tarian tradisional dari jawa barat yang cukup fenomenal , semoga bermanfaat.

Leave a Comment